Aktifitas Yang Menyenangkan Bagi Karyawan Tapi Tidak Bagi Perusahaan (I)

Banyak aktifitas yang dilakukan di kantor, menyenangkan bagi karyawan, tapi tidak menyenangkan bagi perusahaan. Tanpa disadari, aktifitas itu dapat menimbulkan penilaian yang negatif dari perusahaan kepada karyawan yang bersangkutan, bahkan bisa berujung pada pemecatan. Sayangnya karyawan seringkali tidak menyadari hal itu. Hal ini tentu saja sangat disayangkan.

Sedikitnya ada 8 aktifitas yang paling tidak disukai bos/perusahaan jika karyawan kerap kali melakukannya. Kalau dilakukan kinerja karyawan akan dinilai turun oleh perusahaan. Selain itu karir juga bisa terhambat akibat turunnya kepercayaan perusahaan, begitu juga dengan kenaikan gaji dan pemberian fasilitas.

3 dari 8 aktifitas yang tidak disukai bos/perusahaan adalah:

1. Chating, face book, twitter, sms. Sebenarnya perusahaan tidak terlalu menuntut karyawannya untuk menjadi ‘orang suci’. Aktifitas-aktifitas itu bisa dilakukan sepanjang dalam batas normal dan tidak terlalu gila-gilaan hingga menyita banyak waktu bekerja.

2. Melakukan tindakan yang melanggar integritas. Integritas tidak bisa dinilai dari angka tapi dari attitude. Contoh sederhana adalah karyawan yang melakukan kebohongan atau mark up uang, entah iptu sekedar uang parkir, uang bensin dan sebagainya. Jangan pernah berbohong dalam masalah uang karena sangat sensitif terhadap integritas.

3.Q Melakukan bisnis di luar perusahaan. Hal itu juga terkait dengan integritas, baik bisnis yang dilakukan sejenis dengan perusahaan tempatnya bekerja maupun berbeda.

Karyawan juga perlu mengetahui bahwa ada bos yang suka langsung mengutarakan ketidaksukaannya kepada karyawan, ada juga yang tidak. Didiamkan bukan berarti karyawan dalam posisi aman. Pada waktunya, akan ada teguran yang diterima karyawan.

Tinggalkan komentar